Sabtu, 23 Mei 2015

Brand Mantra vs Tagline

Bagi para pembaca, apakah anda tahu apa Brand Mantra dari Nike? Jika anda berkata "Just do It", anda salah besar, karena sebenarnya itu adalah Tagline dari Nike, sedangkan Brand Mantra dari Nike sendiri adalah "Authentic Atletic Performance". Jika anda berbicara tentang Brand Mantra dari FedEx, apa yang muncul di benak anda? "When There is no Tomorrow"? Anda melakukan kesalahan yang sama jika anda berpikir bahwa itu adalah Brand Mantra dari FedEx. Brand Mantra dari FedEx adalah "Peace of Mind".

Kesalahan-kesalahan tersebut memang sering sekali terjadi di dunia marketing.
Apa itu Brand Mantra?
Brand Mantra adalah sebuah kalimat pendek, biasanya terdiri dari 3-5 kata, dimana kata-kata tersebut mewakili dari posisioning brand yang anda miliki. Jika kita lihat dari kasus diatas, Brand Mantra dari Nike adalah "Aunthentic Atletic Performance" dimana mereka menggambarkan tentang perlatan atletik yang unik asli dan otentik, atau unik bisa dibilang, tanpa menurunkan kualitas dari performa dari barang tersebut. Akan tetapi saat kita melihat Tagline nya, "Just do It" itu adalah slogan dari Nike, yang kita tahu artinya "Lakukan saja". Kata tersebut adalah kata yang menjadi strategi yang menginspirasi dari pengkonsumsi barang tersebut.

Setelah kita lihat perbedaan dari Brand Mantra dan Tagline, kita mengetahui bahwa Brand Mantra tidaklah cocok untuk dijadikan alat promosi, akan tetapi jika kita melihat Brand Mantra, kalimat tersebut adalah Genetic dari Brand yang dipasarkan yang di verbalisasikan kepada masyarakat.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Artikel ini membahas perbedaan antara brand mantra dan tagline. Brand mantra itu lebih ke inti dari sebuah merek, biasanya singkat dan mewakili posisi merek di pasar, seperti "Authentic Athletic Performance" milik Nike. Sementara tagline itu lebih ke slogan promosi, seperti "Just Do It" dari Nike. Dalam konteks konten terabox, bisa dilihat bahwa tagline bisa jadi alat untuk menarik perhatian audiens, sementara brand mantra lebih fokus pada identitas dan nilai-nilai merek yang lebih mendalam, seperti yang diterapkan oleh brand besar.

    Video Bokep Indo | Nonton Film Bokep Gratis
    Nonton Online Video Bokep Streaming

    BalasHapus