Jumat, 22 Mei 2015

Generik Brand

Bagi para pembaca, sering tidak, kalian mengalami saat ingin membeli air mineral, kemudian anda bilang ke penjaga counternya "Mas, bisa beli Aqua?", padahal sebenarnya anda bermaksud untuk membeli air mineral. Atau sering anda melihat orang pergi ke warung untuk membeli deterjen, akan tetapi mereka meminta Rinso ke tukang warungnya.

Kedua hal tersebut sebenarnya akibat dari dari Generik Brand.
Apa itu Generik Brand? Sebenarnya Generik Brand adalah  kejadian dimana saat Brand suatu produk menjadi kategori dari sebuah produk Salah satu cara untuk menjadikan Brand yang ingin kita buat menjadi Brand Generik ada dengan 3 cara :

  1. Pelopor Kategori produk tersebut
    Brand yang menjadi pelopor akan suatu kategori produk baru akan lebih diingat oleh masyarakat dibanding dengan produk-produk lain. 
  2. Brand Asociation yang kuat.
    Brand yang memiliki asosiasi dengan kategori produk tersebut bisa menjadi Generik Brand, dikarenakan produk yang ingin disebut oleh masyarakat akan lebih mudah jika orang-orang menyebut dengan brand sebagai pembeda dibanding dengan kategori produk yang lain
  3. Marketing yang gencar
    Cara ini adalah cara yang membutuhkan modal yang sangat besar, dan waktu yang bisa dibilang cukup lama, akan tetapi dengan cara marketing yang benar, suatu produk akan terkenal oleh karena merek yang sering di sebut-sebut menjadi menempel untuk suatu kategori produk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar