Minggu, 24 Mei 2015

Brand Adalah Identitas dan Citra Anda

Brand terhadap produk, dan nama dari seorang manusia bisa dibilang hampir mirip. Jika kita menjelaskan kepada teman anda, tentang seseorang yang bernama apalah, misalkan "Kevin", saat ditanya Kevin itu yang mana sih, kita pasti akan berbicara, "yang mukanya mirip.....", "tapi dia tuh......", "yang bisa.....". Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan komentar yang pasti dikeluarkan ketika kita mendeskripsikan seseorang.

Sama layaknya Brand. Ketika kita mendeskripsikan sebuah Brand, kita menjelaskan dengan pernyataan-pernyataan tersebut. Maka Brand bisa disebut Identitas dari produk anda. Bisa dilihat dari ketiga pernyataan tersebut, dimana ketika kita menyebutkan suatu identitas ada 3 hal yang disebutkan
  1. Point of Difference : Brand kita menjadi suatu pembeda diantara pesaing yang bergelut di industri yang sama dengan brand yang kita miliki. Disini saya menitik beratkan pada perbedaan apa yang dapat ditonjolkan oleh brand yang kita miliki dibanding dengan brand pesaing.
  2. Point of Parity : Kesamaan dengan pesaing. Kalo mau kasarnya, brand anda memproduksi barang apa? Bisa dibilang produk kita tuh kaya gimana sih bentuknya.
  3. Position : Penempatan diri anda di masyarakat penting, karena disini menunjukan di kelas mana produk anda akan disukai. Dan apakah perbedaan dan kesamaan dari produk anda sesuai dengan tujuan pencitraan dari produk anda. 
Image result for positioningKetiga hal tersebut adalah hal yang menjadi Identitas dan Citra produk anda, dimana yang akan menjadi Equity bagi brand anda.

8 komentar: