Minggu, 08 Februari 2015

Diferensiasi dan Brand Management



Heiho semester ini ceritanya saya lagi ngambil mata kuliah bernama manajemen merek awalnya saya pikir kelas nya kaya kelas biasanya kaya perilaku konsumen pemasraan digital ataupun manajemen pemasaran,ternyata berbeda banget! beruntung banget saya dapet dosen yang ternyata dia adalah seorang pengusaha nasi goreng terkenal di bandung,yup nasi goreng mafia! banyak banget ilmu yang saya dapet dari dia tentang brand management
langsung aja deh saya pengen nge jelasin apa sih brand management tuh

Sebelum masuk ke brand management ada yang pengen saya tanya dulu "Marketing Itu Apa"?
simple sekali pertanyaan dari dosen saya satu kelas pun terdiam dan tidak ada yang bisa menjawabnya dan dengan mudahnya dosen saya menjabarkan 3 arti dari marketing
Simple kok marketing itu ujung ujungnya
  1. Profit
  2. BEP
  3. Growth 
tutur dia betul sekali ujung ujungnya kita jualan barang hanya untuk ke 3 ituyap berbeda sekali dengan brand management

Brand management  is the process of building, managing, and improving a brand. “ brand management is the analysis and planning on how that brand is perceived in the market. Developing a good relationship with the target market is essential for brand management.” dikutip dari wikipedia ~
Brand management itu berguna untuk memberikan positioning yang bagus terhadap sebuah produk,misalnya jika saya bertanya kepada anda eh tempat makan sushi yang enak dimana yah? jawabanya? 80% pasti sushi tei karena sushi tei sudah berada di tempat teratas alias berada di top of mind para konsumen sebagai tempat sushi yang memberikan sushi yang fresh tempat yang bernuansa jepang dan atmosfer yang berbeda dari tempat tempat sushi lain nya padahal masih banyak restoran sushi lain nya seperti sushi bon sushi rush dan lain lain dan kawan kawan nya

Sebuah Branding dapat kita sebut sukses jika
  1. Top Of Mind
    Awarenessnya dapat ada di Top Of Mind konsumen seperti sushi tei tadi 
  2. Perceived Quality
    Persepsi Konsumen Mengenai kualitas akan produk dan jasa tersebut
  3. Brand Association
    Ini berhubungan dengan asosiasi sebuah produk,misalnya jika saya sebutkan aqua pasti pikiran anda langsung tertuju ke dalam sebuah produk air mineral kan? bagaimana jika saya sebutkan onta? mungkin anda akan berpikir ke produk koyo panas
  4. Brand Loyalty
    Kalo ini berhubungan dengan kesetiaan seorang konsumen terhadap produk kita,misal dia membeli produk kita dan dia langsung merasa nyaman dan terus menggunakan produk kita walau harga dari produk tersebut mahal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar