Jumat, 22 Mei 2015

Brand Vs Price

Dalam membeli barang, apa yang pertama ada di benak kita? Brandkah? atau Harga? Kedua hal tersebut merupakan hal yang wajar dipikirkan saat membeli barang konsumsi, dimana kita sebagai konsumen harus menentukan tujuan dalam mengkonsumsi barang tersebut. Aqua dan Vit. Kedua air mineral tersebut merupakan produk dari perusahaan yang sama, akan tetapi jika kita bicara tentang brand, tidak dapat dipungkiri bahwa Aqua adalah Brand yang memimpin di kategori produk air mineral. Akan tetapi, jika kita berbicara tentang harga, Vit merupakan jawaban yang tepat, dimana menyajikan air dengan volume 600ml dengan harga yang sangat murah.

Pernahkan anda berpikir bahwa kedua brand tersebut akan melakukan kanibalisme, dimana mereka berebut pangsa pasar yang bisa dibilang mirip. Walaupun terlihat akan terjadi sedikit kanibalisme, akan tetapi hal tersebut merupakan hal yang menjadi salah satu strategy Aqua dimana dia tidak ingin kalah dengan produk-produk yang lebih murah dari produk Aqua, sehingga dia membuat produk Vit untuk menyaingi merek-merek air mineral yang harganya lebih murah, seperti air mineral buatan lokal yang dijual tanpa memiliki iklan.

Pertarungan antar Brand dan Price tidak akan pernah berakhir hingga akhir jaman. Akan tetapi hal yang dapat kita pelajari disini adalah jika anda dihadapkan  pada masalah seperti ini, jawaban utama bagi kita sebagai konsumen adalah "Mana yang lebih penting". Tetapi jika anda sebagai produsen dan anda tidak ingin terjadi kanibalisasi antar sesama produk anda,  maka buatlah produk superior anda menjadi sangat unik sehingga tidak ada satupun produk yang dapat menyainginya, dan buatlah produk inferior anda jauh lebih murah sehingga jelas terlihat bahwa kedua produk tersebut berada di kelas yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar