Jumat, 22 Mei 2015

Mengapa Harus Memiliki Brand Ambassador?

Saat perusahaan anda menjadi sebuah perusahaan yang sangat besar, anda akan memiliki kesulitan dalam menyebarkan pesan kepada konsumen anda. Memang kita tahu beberapa alat untuk menyebarkan pesan ke konsumen seperti iklan, sosial media, e-mail marketing, dan lain-lain.

Tapi kita semua tahu bahwa sesungguhnya cara yang paling efektif dalam menyebarkan sebuah pesan adalah word-of-mouth. Bagaimana agar konsumen menyebarkan pesan baik dari perusahaan? salah satunya dengan Brand Ambassador. Brand Ambassador adalah pihak yang paling dekat dengan konsumen, dimana dia akan berinterksi dengan mereka, dan juga sharing pengalaman terhadap produk anda.

Alasan untuk memiliki Brand Ambassador adalah :
  1. Mereka adalah wujud manusia dari brand anda.
    Brand Ambassador pastinya akan membawa semua nilai, penampilan, etika, dan perilaku dari brand perusahaan tempat mereka bekerja dan merepresentasikannya kepada konsumen. Disini dilihat bahwa saat Brand Ambassador bertemu dengan konsumen, mereka akan melihat nilai-nilai perusahaan pada diri Brand Ambassador ini.
  2. Mereka adalah orang yang loyal.
    Seorang Brand Ambassador pasti akan loyal terhadap brand mereka sendiri, bahkan mereka bersedia untuk menyediakan waktu mereka demi brand yang mereka wakilkan.
  3. Kekuatan Word-Of-Mouth
    Seperti yang dicontohkan diatas, bahwa Word-Of-Mouth memiliki kekuatan yang tidak dimiliki oleh channel promosi yang lain, dimana disana terjadi interaksi yang membuat konsumen sepikiran dengan pesan yang mereka terima. Maka bisa dibilang bahwa Word-Of-Mouth ini menghemat biaya promosi perusahaan yang sangat besar.
  4. Membawa konsumen baru.
    Bayangkan jika Brand Ambassador anda memiliki penggemar yang banyaknya jutaan. Bagaimana jika idola mereka meneriakan suatu brand? Kemungkinan besar penggemarnya itu akan juga mengkonsumi produk brand anda. 
4 Hal tersebut adalah keuntungan utama yang anda dapatkan jika anda memilih seorang Brand Ambassador yang tepat. Pasti banyak keuntungan-keuntungan kecil lainya yang anda dapatkan jika anda memiliki Brand Ambassador.

1 komentar: